Selasa, 30 November 2010

PRINTER


Printer adalalah peralatan keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan pada kertas sebagai medianya. Alat ini dapat mencetak hasil ppengolahan maupun program pada output, yaitu pada kertas,baik berupa single sheet ( kertas tunggal ) ataupun continus from ( kertas bersambung ). Printerdapat menghasilkan cetakan dalam berbagai macam model maupun kualitas.
Berdasarkan cara kerjanya, media printer dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu impact printer dan non-impact printer. Impact printer merupakan jenis printer yang dalam menghasilkan suatu huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik. Dalam kategori ini ada 2 jenis, yaitu dot matrix (cetakannya berupa kumpulan titik yang membentuk character) dan daisy wheel ( cetakan hurufnya menyerupai mesin ketik ). Nonimpact printer merupakan jenis printer yang dalam menghasilkan suatu huruf atau gambar tidak menggunakan ketukan secara fisik, tetapi dengan memakai tinta atau toner. Hasil cetakannya lebih halus daripada jenis dot matrix atau daisy wheel. Ada 2 jenis non- impact printer, yaitu ink jet printer ( memakai tinta ) dan laser printer ( memakai toner )
Ø  Printer Dot matrix mempunyai sebuah kepala (head) yang berisi susunan jarum yang terbuat dari baja. Jarum ini akan menekan pita yang mengandung zat pewarna ke arah kertas yang menempel pada rol karet. Akibatnya pada kertas akan tinggal bekas karakter yang sesuai dengan karakter yang dimasukkan oleh PC. Kualitas karakter yang dihasilkan oleh printer ini masih rendah, namun untuk program aplikasi di bawah Windows dapat menghasilkan karakter yang bagus tapi dengan kecepatan yang rendah. Faktor lain adalah printer ini mempunyai suara yang agak bising. Kelebihannya adalah bisa digunakan untuk mencetak rangkap beberapa lembar sekaligus dengan melapisi kertas karbon di antara kertas-kertas rangkap tersebut, sehingga karena kelebihannya ini printer dot matriks masih banyak dipakai di kantor-kantor tertentu.
Ø  Printer semprotan tinta (ink jet)
Printer ini mempunyai kepala cetak berupa tabung yang dipompa melalui denyutan tegangan listrik untuk mengeluarkan tintanya. Hasil cetakan printer ini cukup bagus tapi harus dibiarkan tintanya kering sebelum kertasnya disusun manjadi dokumen. Printer ini mempunyai jenis berwarna dengan kepala berupa tiga ruangan tempat tinta warna dasar. Warna yang dihasilkan adalah warna yang dibentuk oleh campuran dari tiga warna dasar ini. Biaya operasi printer tinta lebih tinggi dari jenis printer dot matriks, tapi kualitas dan kecepatan kerjanya lebih baik.

Ø  Printer sinar laser (laser jet)
Printer jenis ini bekerja seperti mesin foto copy. Hasil cetakan yang sangat halus dan bersih. Printer laser mempunyai bahan pembuat karakter berupa serbuk. Serbuk ini disebut toner, yang sangat halus sehingga pada kertas yang sudah dicetak seakan-akan tidak ada perubahan ketebalan.
Kemudian proses cetak pada printer jenis ini menimbulkan rasa panas, untuk menekan serbuk yang sudah ditabur ke kertas sesuai dengan dokumen yang dicetak. Jika ada kertas yang belum melewati daerah pres panas, maka tinta yang terbentuk menjadi karakter pada permukaan kertas akan lepas atau hilang tertiup atau terpegang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar