Senin, 13 Desember 2010

PROCESSOR

Processor adalah otak dari sebuah komputer sering juga disebut sebagai CPU (Central Prcessing Unit). Karena bentuknya yang kecil, maka ada juga yang menyebutnya Micro ProcessorProcessor termasuk perangkat  keras komputer atau hardware. Contoh: processor Intel P4, processor Intel P4 LGA 775, processor Intel Celeron, dll. Processor  terdiri dari tiga bagian utama yaitu :

  • CU (Control Unit) 
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit ini mengatur lalulintas data dari memory utama untuk dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke memory utama, untuk ditampilkan pada layar monitor, disimpan dalam hardisk atau output device yang lain.
  • ALU (Arithmatic and Logical Unit) 
Bagian ini bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika). Tugasnya yang lain adalah mengambil keputusan dari suatu operasi logika sesuai perintah program. Jika kita sedang menjalankan satu program aplikasi dan ada yang kurang beres, maka bagian inilah yang mengambil keputusan bahwa telah terjadi suatu kesalahan. Informasi ini diteruskan ke memory utama supaya dibuat pengumuman "EROR" pada layar monitor.
  • Register 
Adalah media penyimpanan yang kecil tetapi kecepatan akses yang sangat tinggi. Di sinilah data dieksekusi/diproses sedangkan data data yang lain masih antri menunggu di memory utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar